BUDGET BIAYA PENJUALAN



Budget Biaya Penjualan (Selling Expenses Budget ) ialah budget yang merencanakan secara lebih terperinci tentang biaya-biaya yang terjadi serta terdapat di dalam lingkungan bagian penjualan, serta biaya-biaya lain yang berhubungan dengan kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh bagian penjualan, yang di dalamnya meliputi rencana tentang jenis biaya penjualan, jumlah biaya penjualan dan waktu biaya penjualan tersebut terjadi dan dibebankan, yang masing-masing dikaitkan dengan tempat (departemen) dimana biaya penjualan tersebut terjadi.
Beberapa Bagian (Departemen) yang Biasanya Dipergunakan oleh Perusahaan, Antara Lain :
1. Bagian Promosi, yang menangani urusan kegiatan promosi, baik dengan pengiklanan (advertising), promosi penjualan (sales promotion), kontak penjualan pribadi (personal selling) maupun dengan publisitas (publicity)
2. Bagian Transaksi, yang menangani urusan transaksi dengan para pembeli atau langganan
3. Bagian Ekspedisi (transportasi), yang menangani urusan pengiriman barang-barang yang terjual ke tempat pembeli
4. Bagian Purna Jual, yang menangani urusan pelayanan purna jual
5. Bagian Pengembangan dan Penelitian Pasar, yang menangani urusan penelitian-penelitian pasar, baik penelitian kualitatif maupun penelitian kuantitatif, untuk kepentingan peningkatan penjualan.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar